Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Komputer

0
50

 

Oleh:

Nurhanan dan Mamat Slamet

Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Majalengka

Pembelajaran pada hakikatnya merupakan komunikasi yang transaksional yang bersifat timbal balik baik diantara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa dan lingkungan belajar dalam upaya mencapaian tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran adalah proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru-siswa dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar (Rustaman, 2001).

Untuk jaman sekarang yang begitu canggih, pemanfaatan teknologi dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Di sekolah-sekolah untuk jaman sekarang pemanfaatan teknologi merupakan hal yang tidak bisa dihindari sebagai contoh pemanfaatan teknologi seperti proyektor, laptop beserta software matematika. Ada beberapa software matematika, yaitu:

  1. Cabri II Plus. Cabri II Plus adalah sebuah software matematika yang termasuk kedalam jenis Dynamic Geometric Software (DGS)
  2. Wolfram Mathematica
  3. Geogebra
  4. Maple
  5. Matlab
  6. Adobe Flash
  7. Microsoft Mathematics

Bahkan pemanfaatan teknologi saat ini untuk menunjang pembelajaran tidak lagi menggunakan alat melainkan sudah berbasis online dimana kita sekarang belajar tidak harus datang ke sekolah ataupun ke tempat les, tapi sekarang kita belajar bisa dilakukan dirumah atau pun tempat lainnya karena banyak sekali program web ataupun situs belajar online yang sekarang banyak digandrungi para remajawan seperti ruang guru,  quiper,  dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here