Kuliah Umum Pendidikan Matematika 2019, Keren

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Majalengka telah menyelenggarakan Kuliah Umum Pendidikan Matematika dengan tema “Profesionalisme Guru di Era Revolusi Industri 4-0”. Kuliah umum suskses dilaksanakan padda tanggal 21 November 2019. Kuliah Umum Pendidikan Matematika menghadirkan beberapa pakar diantaranya:
1. H. Ahmad Suswanto, S.Pd. M.Pd. (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka)
2. H. Syaefudin M.Pd. (Ketua MGMP Matematika SMA Kabupaten Majalengka)
3. Dr. Budi Manfaat, M.Si. (Dose IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
4. H. Wowo Prawoto, S.Pd. (Guru Profesional)
Peserta diikuti dari mulai mahasiswa, siswa sampai dengan guru yang berada di wilayah Kabupaten Majalengka. Pemateri pertama dari dinas pendidikan (Diwakili oleh Kabid Pendidikan Menengah) memberikan pemahaman bahwa menjadi guru di Era Revolusi Industri banyak tantangannya. Teknologi yang digunakan harus membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran bukan malah membuat guru menjadi terbebani dengan adanya teknologi tersebut. Pemateri berpesan bahwa jadilah guru yang memiliki kemampuan untuk merangsang siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
Pemateri kedua dari MGMP Matematika memberikan pemaparan mengenai Pembelajaran dengan pendekatan Science Technolgy Enginering and Mathematic (STEM). Pemateri kedua memamparkan bahwa peluang bekerja untuk tenaga pendidik matematika sangat terbuka luas, termasuk di Kabupaten Majalengka kekurangan guru PNS matematika masih cukup banyak. Pemateri kedua berpesan bahwa jadilah guru matematika yang menguasai kontens matematika karena dengan menguasai kontens matematika guru matematika akan terlihat lebih meyakinkan di depan siswa.
Pemateri ketiga membahas mengenai yang tak tergantikan oleh teknologi Pa Budi mengatakan bahwa pekerjaan guru sebagian besar merupakan pekerjaan klinis samahalnya seperti dokter sehingga tidak dapat tergantikan oleh kecanggihan mesin dan robot. Pemateri ketiga berpesan jadilah guru yang memiliki kepekaan yang baik menjadi tauladan an menjadi pendidikan yang memiliki kedekatan emosional yang baik dengan siswanya.
pemateri keempat memberikan materi mengenai tantangan guru matematika pada zaman sekarang. Beliau menyampaikan bahwa ada tantangan di depan agar guru matematika menjadi guru yang menyenangkan dirindukan baik karena ketegasannya ataupun karena kelemah lembutannya.
Kuliah umum dilaksanakan dengan menggunakan sistem talkshow, dan dipandu oleh moderator Erik Santoso, Asyik sekali kuliah umum pendidikan matematika ini dan ketua Program Studi Pendidikan Matematika Ibu Nia Kania M.Pd. berpesan agar jadilah guru matematika yang dirindukan kehadirannya (es)

Foto Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *